Pages

29 Desember 2012

Menara Eiffel Ala Indonesia

Menara Eiffel
Mungkin mendengar kata Menara Eiffel akan terbesit dipikiran anda Paris, Perancis, Romantis, Indah, Glamour. 

Secara singkat, menara ini dibangun sejak tahun 1884 sampai 1889.Tujuan utamanya pun cuma satu, yakni untuk mengikuti Pekan Pameran Dunia. Proyek besar ini dipimpin oleh Gustave Eiffel yang namanya diabadikan sebagai nama menara ikon negara prancis ini. 
Tapi tahukah anda, Indonesia juga pernah memiliki menara Eiffel lho !

Balik ketahun 1898, Masyarakat Indonesia dapat melihat megahnya "Menara Eiffel" berdiri. Meski hanya setinggi kurang lebih 40-50 meter, Menara ini persis sama dengan Eiffel yang asli yang tingginya mencapai 320 meter. Menara ini pun dibuat hanya dengan tujuan menghormati Ratu berkebangsaan Belanda yaitu Ratu Wilhelmina.


Replika Eiffel di Tasikmalaya
Lalu dimana bisa ditemukan ? 
Dulu, di daerah Tasikmalaya-lah Eiffel ini dapat ditemukan. Namun, tempat jelasnya menara ini berdiri tidak bisa dipastikan.  Menara ini dirancang dan dibuat oleh pengawas air Tasikmalaya AH Van Bebber. Meskipun hanya terbuat dari bambu, namun Kota Tasikmalaya tercatat sebagai kota pertama yang berhasil membuat replika Menara Eiffel. 
Sekarang menara "Eiffel" Indonesia ini tidak dapat lagi ditemukan di Tasikmalaya, tak ada yang tahu pasti mengapa dan kapan menara tersebut dirobohkan. 



Sumber Gambar

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver